Allah mengasihi Anda, dan DIA juga ingin agar Anda mengasihi DIA

Saturday 30 June 2012

BUKU: "BERHARGA"



The Precious One
Oleh: Pdt. Mauli Siahaan, S. Th.
Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2012
viii + 235 hlm; 15 x 23 cm

~ Dapatkan di Toko Buku Gramedia, Gunung Agung, Imanuel dan Toko-toko Buku Kristen lainnya. ~

Banyak orang hidup dengan perasaan tidak berharga bukan karena ia tidak memiliki sesuatu yang berarti, melainkan karena penilaiannya terlalu berpusat pada hal-hal yang tidak ia miliki. Ada orang yang tidak memiliki harga diri karena merasa penampilan tubuhnya tidak menarik atau tidak memiliki tingkat sosial seperti kebanyakan orang di sekitarnya. Tidak sedikit orang yang merasa rendah diri karena apa yang ia kenakan bukan barang-barang bermerek. Ia merasa harga dirinya sangat ditentukan dari apa yang ia kenakan. Demikian juga banyak orang merasa tidak berharga karena terlahir bukan dari keluarga golongan atas. Biasanya orang seperti ini akan berusaha menaikkan tingkat sosial hidupnya dengan mengejar kekayaan agar setara dengan orang lain.

Jika saja setiap kita menyadari bahwa banyak hal yang kita miliki dalam hidup yang menandakan bahwa hidup kita sangat berharga. Hal itu patut kita syukuri. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak hal yang tidak kita miliki, tetapi kita harus sadar bahwa justru lebih banyak hal yang kita miliki dibanding hal yang belum atau tidak kita miliki. Oleh karena itu, jangan fokus kepada apa yang tidak Anda miliki, tetapi berilah perhatian lebih banyak kepada apa yangAnda miliki. Di sisi lain, jangan pernah menganggap bahwa hidup kita berharga karena sesuatu yang kita kenakan pada hidup seperti kekayaan, jabatan, dan kehormatan. Banyak orang yang tidak bisa mendapatkan semua itu, tetapi tetap bisa melihat bahwa hidup adalah sangat berharga.

Sebaliknya, ada orang yang meskipun sudah mendapatkan kekayaan, jabatan, dan kehormatan, ia merasa belum memiliki hidup yang berharga. Bukankah ada banyak orang yang mengakhiri hidup karena merasa tidak berharga padahal ia memiliki kekayaan dan nama yang sangat terkenal? Misalnya, beberapa kasus bunuh diri para artis. Hidup kita berharga bukan karena apa yang kita kenakan dalam hidup, melainkan karena hidup itu memang berharga. Bukan berarti kita tidak membutuhkan kekayaan, jabatan, dan kehormatan, melainkan harga diri kita tidak ditentukan dari semua itu. Anda tidak perlu kaya terlebih dulu untuk memiliki harga diri tinggi. Jabatan tinggi tidak selamanya membuat seseorang memiliki harga diri tinggi. Kehormatan yang bisa diberikan dunia bukanlah jawaban untuk mendapatkan penilaian yang baik tentang diri kita sendiri.

Jangan biarkan hidup Anda ditentukan dari apa yang tidak Anda miliki, tetapi lihatlah hidup Anda dari apa yang sudah ada dalam hidup Anda. Jika Anda sadar bahwa sesuatu yang ada dalam hidup Anda sekarang adalah sesuatu yang sangat berharga, Anda akan hidup dengan harga diri yang tinggi bukan karena apa yang dapat Anda raih dalam dunia, melainkan karena keberadaan Anda yang memang sudah berharga sejak awal. Jadi, tidak ada sesuatu yang perlu ditambahkan dalam hidup kita untuk membuat hidup itu berharga. Kita perlu menyadari bahwa hidup kita sangat berharga, apapun yang kita miliki. Hal itu adalah kenyataan yang harus kita syukuri.

No comments: